Mata kuliah yang mempelajari fungsi mikroekonomi pemerintah, cara pemerintah mempengaruhi alokasi sumber daya yang ada dan distribusi pendapatan di masyarakat melalui kebijakan di bidang pajak, pengeluaran, dan kebijakan fiscal serta moneter yang berdampak pada pengangguran dan tingkat harga.

Matakuliah di prodi ekonomi islam. Membahas berbagai permasalahan mikro ekonomi dalam perspektif islam

Mata kuliah ini merupakan mata kuliah yang memberikan pemahaman kepada mahasiswa tentang pemanfaatan aplikasi komputer dalam pengolahan kata (words) maupun data. Oleh karenanya dalam mata kuliah ini, materi dibagi dalam dua materi yaitu materi yang berhubungan dengan MS. Word dan MS. Excel. Dalam MS. Words, materi diawali dengan memperkenalkan konsep dasar sistem komputer yang kemudian dilanjutkan dengan materi pengeditan naskah dalam berbagai format, penyisipan objek pada naskah, dan penggunaan fasilitas mail merge. Dalam MS. Excel, materi diawali dengan pengenalan MS. Excel sebagai pengolah data tabel yang dilanjutkan dengan pengeditan format cell tabel dan fungsi perhitungan, pembacaan tabel dengan fungsi lookup, dan pembuatan grafik data. Guna melakukan pengukuran terhadap pemahaman mahasiswa dilakukan penugasan/kuis, UTS, UAS

Mata Kuliah ini merupakan MKK Prodi yang wajib diikuti oleh semua mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam.  Setelah menempuh mata kuliah ini, diharapkan mahasiswa dapat mengolah dan menganalisis data dalam suatu penelitian.

         Mata Kuliah ini dalam penyajiannya teridiri dari 3 bagian, yang satu bagian dengan bagian yang lainnya sangat saling mendukung.  Artinya bahwa disetiap pertemuan akan menjadi dasar dalam memahami materi pada pertemuan berikutnya. Pada bagian pertama, akan membahas mengenai statistik Deskriptif yang memuat pokok bahasan tentang : Pengantar Stastistika, Nilai Rata-rata, Media , Modus, Simpangan Baku, Variansi, Kuartil, Persentil, Skor Standard, dan Korelasional.  Pada Bagian Kedua, akan dibahas mengenai Statisitik Inferensial yang akan membahas mengenai Teori Peluang, Rumusan Hipotesis, dan berbagai jenis uji statistika dengan rincian pokok-pokok bahasannya adalah tentang Definisi Peluang, Distribusi Peluang, Distribusi Z, Distribusi t, Distribusi Chi-Kuadrat, Distribusi F, serta berbagai jenis uji statistik yang berkaitan dengan uji statistic Parametrik yang diperuntukkan mengolah dan menganalisis data dalam penelitian dengan distribusi datanya menyebar secara Normal.  Pada bagian ketiga, akan membahas tentang Statistik Non Parametrik yang diperuntukan mengolah dan menganalisis data dalam penelitian dengan distribusi datanya menyebar secara Tidak Normal.  Dengan pokok-pokok bahasannya adalah : Uji Jenjang Bertanda Wilcoxon, Uji jumlah Jenjang Bertanda Wilcoxon, Uji Mann – Whitney ( U – Test ), dan berbagai cara mencari korelasi dengan rumus Lamda, Tau, Samer’s D, serta Eta.