Mata kuliah pendidikan agama Islam MI merupakan mata kuliah wajib bagi mahasiswa dalam mendalamin pengetahuian keislaman.

Seminar proposal adalah mata kuliah wajib mahasiswa yang akan melakukan penelitian pendidikan sebagai tugas akhirnya, secara mandiri sebagai pengembangan dan pendalaman materi-materi perkuliahan serta menuliskannya dalam bentuk makanlah yang diseminarkan, mata kuliah ini sebagai prasyarat mahasiswa untuk melakukan penelitian skripsi

MK ini merupakan MK praktikum terdiri dari 4 SKS, dg 3 SKS praktik dan 1 SKS teori.


Perkuliahan ini, mahasiswa dapat memahami bentuk pendekatan dalam memahami relasi agama dan sains. Untuk itu, dalam perkuliahan ini, dibincangkan beberapa pandangan yang terkait dengan diskursus sains dan Islam, baik wacana yang berkembang di dunia Internasional, maupun di Indonesia. Di samping itu, mahasiswa juga diajak lebih untuk menelaah berbagai bentuk keterpaduan Islam dan sains dalam berbagai topik yang relevan, baik itu dalam topik yang umum (tentang alam semesta) maupun secara spesifik tentang fenomena hayati, seperti penciptaan manusia, sistem organ, tumbuh, dan lainnya.

Mata kuliah ini untuk mempersiapkan guru kelas MI/SD yang menguasai pengembangan materi matematika MI/SD dan menganalisis masalah-masalah yang berkaitan dengan kesulitan belajar matematika MI/SD. Dalam mata kuliah ini dibahas berbagi hal yang berkaitan dengan karakteristik materi Matematika MI/SD, teori bilangan, bilangan cacah, bilangan bulat, pola bilangan, aproksimasi, mata uang, KPK dan FPB, pecahan, pengukuran dan satuan, sudut, bangun datar, bangun ruang, kecepatan dan debit, penyajian data dan statistika.

Mohon diisi ringkasan mata kuliah selama satu semester...